Aston Villa Kembali ke Liga Inggris

Aston Villa akhirnya berhasil kembali ke Premier League musim depan setelah sukses mengalahkan Derby County 2-1 dalam partai final play-off Championship yang digelar di Wembley, Senin (27/5).

Aston Villa berhasil unggul lewat aksi Anwar El-Ghazi dan John McGinn. Derby County sempat mencetak gol dari kaki Martyn Waghorn, tapi tak cukup untuk menghindarkan timnya dari kekalahan.

Klub asal Birmingham itu menyusul Norwich City dan Sheffield United yang sudah terlebih dahulu promosi ke Premier League. Tiga tim ini akan menggantikan Hudderfield Town, Fulham, dan Cardiff City yang terdegradasi ke Championship.

Aston Villa sudah resmi kembali ke Premier League setelah sempat tiga musim absen. Kesuksesan ini diraih ditengah masalah yang menghampiri Aston Villa.

Villa di awal musim bermain sangat buruk di bawah pelatih Steve Bruce yang akhirnya dipecat dari kursi manajer. Sebagai pengganti, Villa menunjuk Dean Smith dengan didampingi John Terry sebagai asisten.

Di bawah asuhan Smith dan Terry, Villa mengalami peningkatan peforma yang drastis. Jack Grealish cs sempat mencetak 10 kemenangan beruntun.

Villa akhirnya berhasil menduduki peringkat kelima dan berhak lolos ke babak play-off. Sebelum mengalahkan Derby di final, mereka berhasil mengalahkan West Brom di semifinal.